Senin, 16 Mei 2011

CONTOH LAPORAN RISET PEMASARAN


LAPORAN RISET PEMASARANTERHADAP NILAI JUAL PRODUK ³FRESH TEA´

I.  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Pemasaran merupakan suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan saling menciptakan sebuah penawaran dan salingbertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Dalam proses ini kedua belah pihak saling diuntungkan karenaterjadi sebuah kesepakatan. Penawaran yang ditawarkan bisa beraneka ragam diantaranya sandang, pangan,papan, ataupun kebutuhan tambahan yang lainnya.Manajemen pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan,pemberian harga, promosi, dan distribusi dari barang-barang maupun jasa dan gagasan untuk menciptakanpertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi kebutuhan, tujuan pelanggan dan suatu organisasi yangdimana manajemen pemasaran mempunyai tugas yaitu mempengaruhi tingkat, waktu dan komposisi permintaanuntuk membantuperusahaan mencapai sasarannya.Didalam pemasaran produk tidak selamanya akan berjalan dengan lancar sesuai keinginanperusahaan. Banyak permasalahan yang timbul dimana hal ini dalam bentuk keluhan, komentar, kritik, saranatau masukan dari konsumen. Berbagai masukan yang membangun akan sangat membantu perusahaan dalammengembangkan produk dan meningkatkan pangsa pasarnya. Permasalahan produk meliputi banyak aspek seperti kualitas produk (bentuk, rasa, warna, tekstur, aroma, kenampakan), harga, kemasan, ukuran produk danukuran kemasan, kemudahan penggunaan/mengkonsumsi dan sebagainya, dimana berbagai permasalahantersebut tidak akan dapat diselesaikan secara sendiri oleh perusahaan namun perlu bantuan konsumen terutamakonsumen eksternal. Oleh karena itu untuk mengetahui kebutuhan
dan keinginan konsumen terhadap suatuproduk diperlukan suatu penelitian yang dinamakan riset pemasaran.

Perusahaan memiliki wawasan terhadap pasar, diantaranya kosep berwawasan produksi, konsepberwawasan produk, konsep berwawasan menjual dan konsep berwawasan pemasaran. Konsepberwawasan produksi berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah didapat danmemiliki harga yang murah. Perusahaan berkonsentrasi pada efisiensi produksi yang tinggi dan cangkupanyang luas. Konsep berwawasan produk berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yangmenawarkan mutu, kinerja terbaik atau hal-hal inovatif lainnya. Perusahaan berkonsentrasi membuatproduk yang baik dan terus memeperbaikinya. Konsep ini beranggapan bahwa konsumen akan membelibarang yang baik, namun lupa menanyakan kebutuhan konsumen sebenarnya. Konsep berwawasanmenjual berpendapat bahwa jika konsumen dibiarkan saja, konsumen tidak akan membeli produk dalamjumlah yang cukup. Perusahaan harus melakukan penjualan dan promosi agresi. Konsep berwawasanpemasaran berpendapat bahwa hunci untuk mencapai tujuan perusahaan terdiri dari penentuan kebutuhandan keinginan pasar sasaran serta memberikan kapuasan yang diinginkan secara lebih efektifa dan efisiendari pada saingannya.Ditahun-tahun ini, bisa dikatakan merupakan tahun bagi para pengusaha minuman kemasan,karena banyakknya perusahaan yang memproduksi berbagai macam minuman mulai dari minuman energi,minuman isotonic, minuman bersoda, dan lain-lain, sehingga muncul persaingan-persaingan antar perusahaan yang memproduksi minuman tersebut demi merebut hati konsumen. Salah satu strategipemasaran yang dilakukan ialah dengan memberi hadiah bagi para pelanggan yang setia mengkonsumsiproduk minuman dari perusahaan tertentu dengan sistim undian maupun hadiah langsung.PT. Coca-cola Company merupakan salah satu diantara sekian banyak perusahaan yangmenerapkan strategi ini. Perusahaan ini memberi hadiah kepada para pelanggan, salah satunya didalamkampus Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan sistim undian

B. Tujuan Riset Pemasaran
Tujuan dari riset pemasaran pengaruh pemberian hadian kepadakonsumen terhadap nilai jual produk ³Fresh Tea´ ini adalah :1. Mengetahui sejauh mana tingkat penerimaan konsumen terhadap produk ³Fresh Tea´2. Mengetahui sejauh mana minat konsumen terhadap pembelian produk ³Fresh Tea´ setelah diadakan sistem pemberian hadiah secara undian3. Mengetahui tingkat pangsa pasar ³Fresh Tea´ dengan adanya pemberianhadiah kepada para konsumen.

II.   PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan yang dianalisa dalam riset pemasaran ini adalah menjawab pertanyaan ³ Apakahdengan menerapkan sistim pemberian hadiah kepada konsumen produk ³Fresh Tea´ mampu meningkatkan nilaijual?´.

III. METODE RISET
Metode yang digunakan dalam analisa kemasan makanan tradisionalFresh Tea ini adalah :
A. Sumber Data
1.   Data Primer 
Merupakan data yang langsung diambil dari sasaran penelitian (didapat dari sumber pertama) baik individu maupun perseorangan yaitu hasil kuesioner atau wawancara responden yang ada dikampus FakultasPertanian UNS meliputi mahasiswa, dosen dan karyawan.
2.  Data Sekunder 
Merupakan data primer yang telah diolah dan disajikan dalam bentuk table/diagram dan digunakanpeneliti untuk diproses lebih lanjut dan data yang berasal dari literatur/media baik cetak maupun elektronik seperti buku dan internet, dapat berupa dasar teori atau data-data lain yang mendukung.

B. Pengambilan Sampel
1.      Unit Pengambilan Sampel
Sample dari penelitian ini adalah responden (konsumen) dikampusFakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
2.      Ukuran Sampe
lBanyaknya sampel yang dijadikan responden adalah 20-30 orang.
3.      Prosedur Pengambilan Sampel
Sampel/responden diambil secara acak, siapapun konsumen yang ada dipasar terutama mahasiswa,mempunyai peluang besar untuk dijadikan responden.

C. Pendekatan Riset
Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukansurvey di kampus Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

D.   Instrument Riset
Instrument yang digunakan untuk melakukan penelitian ini berupa kuesioner/angket, yaitu carapengumpulan data dengan memberikan atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden, denganharapan responden akan memberikan respon terhadap pertanyaan tersebut. Daftar pertanyaan bersifattertutup, artinya alternatif jawaban telah disediakan dimana setiap kuesioner/angket terdiri dari 12pertanyaan.

E. Metode Kontak 
Komunikasi yang terjadi dilakukan secara langsung kepadaresponden pada saat pembagian/penyebaran angket/kuesioner.

IV. WAKTU DAN TEMPAT RISET
Penelitian ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 23 Desember 2009, pukul 09.00±14.00 WIBdi kampus Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

V. HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil PenelitianTabel Hasil Analisa Data Riset Pemasaran
1. Apakah anda tahu tentang produk Fresh Tea?

2 komentar: